Gosip.co.id
Entertainment

Ikon funk New Orleans, Art Neville, meninggal pada usia 81 tahun

Art Neville, legenda funk New Orleans dan salah satu pendiri Neville Brothers, telah meninggal, kata saudaranya, pada hari Senin. Dia berusia 81 tahun. Penyanyi dan pemain keyboard yang menjawab sobriquet “Poppa Funk” dikenal sebagai suara “Mardi Gras Mambo,” yang dengan cepat menjadi andalan karnaval terkenal di kota kelahirannya setelah ia pertama kali memainkannya pada usia 17.

“Artie Poppa Funk Neville, kamu sangat dicintai oleh setiap orang yang mengenalmu. Cintailah kakak laki-lakimu AARON (kami meminta privasi selama masa berkabung ini),” saudara lelakinya, penyanyi soul Aaron Neville, mentweet.

Kematiannya terjadi setelah musisi New Orleans terkenal lainnya, pianis blues Dr. John, yang meninggal bulan lalu.

Terlahir sebagai Arthur Lanon Neville pada 17 Desember 1937, ikon funk itu tumbuh mengagumi karya para bintang doo-wop seperti Fats Domino. Dia bergabung dengan Angkatan Laut pada akhir 1950-an dan 1960-an tetapi mempertahankan kecintaannya pada musik rekaman, kemudian menemukan Neville Sounds, yang kemudian menjadi Meter.

Kemasyhuran grup terpancar di luar The Big Easy, dengan Meters melanjutkan tur bersama The Rolling Stones dan menjadi institusi yang sering diperhitungkan di antara para pelopor funk.

Pada akhir 1970-an Neville bergabung dengan saudara-saudaranya untuk memulai Neville Brothers, yang selama bertahun-tahun menutup Festival Jazz yang terkenal di New Orleans. Kelompok ini memainkan konser perpisahan pada 2015, setelah merilis album terakhir pada 2004. Neville mengumumkan pengunduran dirinya Desember lalu.

Pemenang dua kali Grammy ini menerima Lifetime Achievement Award yang bergengsi pada 2018 dari Recording Academy, yang pada hari Senin merilis pernyataan yang menjuluki Neville “seorang musisi legendaris yang dikenal karena menciptakan beberapa musik dan jiwa paling terkenal yang keluar dari New Orleans. ”

“Sebagai anggota pendiri Neville Brothers and the Meters, Art menyumbangkan keahlian suaranya dan piano nya kepada setiap kelompok, menciptakan suara unik yang terinspirasi oleh budaya mendalam New Orleans,” kata CEO Akademi Neil Portnow.

“Seni akan sangat dirindukan oleh banyak orang, tetapi diingat karena secara imajinatif menghidupkan funk New Orleans.”

Related posts

Lucinta Luna Pamer Penampilan Baru Jelang Ramadhan

Lisa Rahma

Ada Syarat Supaya Anak Ustadz Solmed Mau Puasa

Lisa Rahma

Jhody Selalu Bawa Alquran Sebagai Pengingat Dosa

Duniasih

Leave a Comment